Minggu, 27 Desember 2015

RIVIEW CRASH TEAM RACING

Nama              : Dika Maryanto
NPM                : 52413446
Kelas                : 3IA21
Mata Kuliah     : Desain pemodelan grafis
Nama Dosen    : Syefani Rahma Deski



RIVIEW CRASH TEAM RACING


Di abad 21 ini siapa sih yang tidak kenal Mario? Kalau kamu masih berusia di bawah setengah abad, kemungkinan besar kamu mengenal tukang ledeng asal Italia buatan orang Jepang ini. Kepopuleran Mario tidak hanya melahirkan game platformer saja, banyak spin-off yang lahir dari karakter ini, dan salah satu spin-off yang paling populer adalah seri Mario Kart.
Tapi di sini kita tidak sedang membicarakan tentang Mario, tapi justru mengenai salah satu game yang “terinspirasi” dari Mario Kart. Kepopuleran Mario Kart membuat banyak perusahaan ikutan membuat spin-off game racing dari IP yang mereka punya, mulai dari Star Wars Racer, Sonic R, Angry Birds Go, Chocobo Racing, sampai yang mungkin paling populer di berbagai rental PlayStation yaitu CTR: Crash Team Racing.
Bisa menjadi satu dari sedikit game yang populer di banyak rental PS yang tersebar di Indonesia tentunya bukanlah hal sepele (walaupun kalau dilihat dari kesuksesan finansial jelas ini tidak pengaruh, mengingat rental PS selalu menggunakan copy bajakan). Oleh karena itu pada review ini saya akan mencoba mengulas apa saja sih yang membuat CTR begitu populer. Kalau begitu langsung saja kita masuk ke pembahasannya.


CTR Crash Team Racing
Seperti yang saya sebutkan di atas, CTR bisa dibilang merupakan game yang terinspirasi dari kesuksesan Mario Kart. Sebelum merilis CTR, Naughty Dogs mengembangkan seri Crash Bandicoot sebagai sebuah game platformer (lagi-lagi sama polanya dengan Mario). Karena memang bukan merupakan franchise dengan cerita yang serius, saat dibuat versi balapannya pun kamu tidak akan menemukan balapan yang realistis layaknya Gran Turismo.
Dalam game ini kamu akan mengendalikan semacam go-kart yang dikemudikan oleh karakter-karakter yang pernah muncul di game Crash Bandicoot. Jadi jangan heran kalau seandainya di sebelah beruang kutub yang mengendarai go-kart, kamu akan menemukan seekor kucing atau alien yang juga mengendalikan go-kart.
Variasi karakter ini tidak hanya sekedar pemanis visual saja. Di saat kamu akan memulai adventure mode, kamu bisa melihat bahwa masing-masing karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi saat memilih kamu tidak bisa asal pilih hanya karena suka desain dari karakter tersebut. Walaupun sepertinya banyak orang (termasuk saya) tetap saja memilih karakter hanya berdasarkan desain yang mereka suka saja.


CTR Crash Team Racing
Tidak sebatas karakter-karakter yang aneh saja, di setiap track yang kamu mainkan akan tersebar dua jenis kotak. Kotak pertama yang tidak bermotif akan memberikan karaktermu buah yang jika dikumpulkan akan memberikan efek bonus tertentu. Selain itu ada juga kotak dengan gambar tanda tanya yang secara acak akan memberikan kamu berbagai jenis power-up.
Power-up yang kamu temukan memiliki berbagai wujud dan fungsi. Ada yang berfungsi untuk menyerang musuh, melindungi diri, atau memberikan efek buruk kepada musuh. Berbagai power-up ini memiliki animasi yang kocak dan kadang sedikit lebay. Contohnya, kamu bisa saja menembakkan rudal yang akan selalu mengejar lawanmu sampai kena, tapi bisa saja lawanmu melindungi dirinya dengan menggunakan topeng voodoo warna-warni bernama Aku Aku.
Variasi power-up bukanlah satu-satunya hal yang membuat CTR sangat menyenangkan untuk dimainkan baik sendirian maupun bersama-sama. Game ini juga dijamin akan menghibur sekaligus memberikan tantangan kepada kamu melalui desain level/track yang dimiliki. Dalam CTR lawan kamu bukanlah satu-satunya hal yang perlu kamu khawatirkan, karena terkadang kamu bisa saja kehilangan posisi pertama karena jebakan-jebakan yang tersebar di track.
Tidak terbatas di jebakan saja, jika kamu teliti maka kamu akan menyadari bahwa track dalam CTR juga memiliki berbagai jalan rahasia yang bisa membantu kamu selama jalannya balapan. Hal ini membuat track dalam CTR jadi jauh lebih menarik dibandingkan dengan banyak game serupa.

Satu Mode Yang Bisa Memberikan Perbedaan Besar

Di atas saya sudah membahas mengenai gameplay dari game ini, nah pada bagian ini saya akan membahas satu mode dari CTR yang mungkin terasa aneh sampai diberikan segmen khusus, namun nyatanya memang mode ini cukup berkesan untuk saya sebagai reviewer.
Mode yang saya maksud adalah adventure mode. Dalam CTR, kamu bisa menjalankan semacam story mode yang mengizinkan kamu untuk memilih satu dari 8 karakter yang ada (karakter rahasia sayangnya tidak bisa digunakan di adventure mode). Setelah memilih karakter, kamu akan disajikan dengan peta yang bisa kamu jelajahi dengan (agak) bebas.
Di peta ini tersebar berbagai portal yang akan membawa kamu ke berbagai jenis track, dan masing-masing track juga memiliki lebih dari satu objektif. Pada saat kamu pertama memasuki sebuah area, setiap track hanya memiliki satu objektif, yaitu memenangkan balapan biasa. Setelah kamu mengalahkan boss pada sebuah area, barulah track yang sebelumnya hanya memiliki satu objektif itu terbuka lagi dengan objektif baru. Objektif baru itu antara lain adalah balapan sambil mengumpulkan tulisan C-T-R di sepanjang track, serta balapan melawan waktu sambil mengumpulkan tongkat yang akan bisa mengurangi waktu kamu.
Di antara beragam aktivitas yang dapat kamu lakukan di adventure mode, menurut saya pribadi yang paling menarik adalah aspek free-roam yang dimiliki mode ini. Hal ini mungkin terdengar konyol, tapi saat saya memainkan CTR baik sewaktu kecil dulu maupun sekarang, saya menghabiskan banyak sekali waktu berkeliling tidak jelas di peta daripada balapan di track sungguhan. Hal simpel ini entah kenapa memberikan experience menyenangkan tersendiri, dan sejauh yang saya tahu hal ini tidak dimiliki oleh game lain dengan genre serupa.
Masih banyak mode lain yang bisa kamu temukan di game ini, seperti arcade mode maupun time attack mode. Namun tentunya berbagai mode tersebut masih kalah dibandingkan dengan adventure mode.

Verdict: Batas Jelas Antara “Game Yang Terinspirasi” Dengan “Game Tiruan”

Crash Team Racing mungkin merupakan game yang terinspirasi berat oleh seri Mario Kart, tapi Naughty Dogs berhasil membuat game ini memiliki ciri khas tersendiri dan bisa populer bahkan di kalangan gamer yang tidak pernah memainkan Crash Bandicoot (tidak percaya? Coba kamu ke masa lalu dan tanya apakah anak-anak yang bermain CTR di rental pernah memainkan game Crash Bandicoot sebelumnya). Saya selalu penasaran apakah karakter ini didesain agar terlihat “seksi” atau …entahlah
Sayangnya setelah game CTR, seri balapan Crash Bandicoot mengalami penurunan kualitas. Terakhir kali saya mencoba game dari seri ini adalah Crash Nitro Kart yang dirilis untuk Nokia N-Gage. Meskipun game tersebut tidaklah buruk, tapi jelas masih kalah jauh dibandingkan dengan CTR. Setelah Crash Nitro Kart masih ada lagi game balapan Crash Bandicoot, yang terakhir kali dirilis adalah pada tahun 2010 untuk iOS, sayangnya saya belum mencoba game terbaru ini.
Seluruh game racing Crash Bandicoot selain CTR tidak dikerjakan oleh Naughty Dogs karena lisensi game ini dipegang oleh Activision. Mungkin kalau Naughty Dogs kembali mengerjakan game Crash Bandicoot, kita akan dapat menyaksikan kebangkitan mamalia aneh asal Australia ini. Untuk sementara waktu, karena Naughty Dogs cukup disibukkan dengan The Last of Us dan Uncharted, rasanya game balapan yang bisa kita harapkan dari Naughty Dogs hanyalah The Last of Kart dan Unkarted saja.

Kelebihan CTR

Nitro
Orang mungkin memilih begitu banyak senjata yang mereka senangi di game ini, dari rudal pencari panas hingga sang bola listrik yang menghancurkan siapa saja yang berada di barisan paling depan. Bagi saya hanya satu senjata yang paling menarik untuk diperhatikan, yakni Nitro. Bagi yang pernah memainkan game ini pasti mengerti, bagaimana kepuasan yang dihasilkan jika perangkap “busuk” kita ini berhasil membuat lawan hancur.
Salah satu strategi favorit saya untuk memastikan Nitro bekerja dengan sempurna adalah dengan meletakkannya tepat di belakang kotak senjata. Jika beruntung, Anda bahkan dapat menghilangkan sang kotak senjata untuk “re-spawn” dan tetap berbentuk Nitro. Alasan mengapa saya mencintai Nitro? Bukan karena kekuatannya yang destruktif, tetapi lebih kepada sensasi yang dihasilkannya. Nitro membutuhkan strategi, pengetahuan tentang track, dan yang pastinya ketepatan. Lebih sulit untuk dilakukan, lebih menyenangkan hasilnya.


Multiplayer yang Fun
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memainkan CTR bersama dengan teman yang lain. Inti dari fun racing seperti ini tentu saja adalah pengalaman multiplayer yang maksimal, seperti yang ditawarkan oleh CTR ini. Ada dua mode permainan yang seringkali saya mainkan, yakni race dan battle. Di Race, Anda tetap berfokus pada tujuan untuk memenangi balapan dengan segala cara. Sedangkan Battle, kita dituntut mengumpulkan poin sebanyak mungkin dengan cara menyerang lawan. Favorit saya? Of course Battle!
Yang menariknya lagi, di Battle Mode, kita bisa melakukan setting senjata apa saja yang diperbolehkan untuk masuk dalam pertarungan dan yang mana yang tidak. Saya sendiri paling menyenangi pertarungan all-bomb atau all-nitro. Dengan memainkan battle mode dengan hanya bomb atau nitro, pertarungan akan benar-benar memacu adrenalin. Kita tidak lagi berharap menang dari sekedar keberuntungan senjata yang didapatkan, tapi berfokus pada skill menghindari tembakan, memasang jebakan dengan efektif, dan tentu saja sudut melempar bomb.


Jalan Pintas
Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya teman Anda memenangkan sebuah pertarungan race dengan mudahnya? Itulah yang sempat saya rasakan ketika memainkan CTR. Keterbatasan keinginan untuk melakukan eksplorasi lebih jauh di setiap level membuat saya mudah dibodohi oleh teman yang lain. Menggunakan segala macam trik kecepatan pun tidak akan membuat saya lebih dekat, sedikitpun. Apa rahasianya? Tentu saja sebuah jalan pintas.
Pada awalnya saya begitu heran mengapa saya seringkali kalah melawan teman yang lain. Sepertinya mereka dapat tiba di garis finish dengan mudahnya. Ketika mobil saya berada tepat di belakang, dan rudal aktif yang siap mengejar sudah disiapkan, saya memutuskan untuk melakukan tembakan. Muncul senyum iblis membayangkan mobilnya akan berhenti untuk sementara, but suddenly, ia berbelok ke jalan yang selama ini tidak pernah saya ketahui. “What the..#@!!”. Melihat wajahnya yang saat itu hanya senyum-senyum mesum, ingin sekali menghajarnya di muka. Back to topic, itulah awal dimana saya berusaha mencari jalan pintas yang paling efektif. Sayangnya setelah lama tidak memainkannya, ingatan untuk itu sepertinya sudah hilang begitu saja.

Karakter yang Bervariasi
Salah satu kekuatan CTR adalah kemampuannya untuk menghadirkan variasi karakter yang lengkap di dalam game ini. Hampir semua karakter yang pernah Anda temui di versi platformnya, termasuk bos-bos menyebalkan juga dihadirkan di sini. Karakteristik ini juga diperkuat dengan kemampuan mobil yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang lebih mengandalkan kecepatan, ada yang seimbang, dan ada yang jauh lebih mudah untuk melakukan belokan. CTR tidak akan menjadi sebuah CTR tanpa kehadiran karakter-karakter ini.



CRASH TEAM RACING untuk PlayStation1

Kursus Tips dan Shortcuts
Versi 1.1
(2013/08/07)
oleh adm putra

UPDATES

Versi 1.1 (2000/06/08)
- Ditambahkan info untuk Cortex Castle (shortcut)
- Kesalahan tetap di Sewer Speedway (shortcut)
Versi 1.0 (2000/04/08)
- Versi Pertama

STRATEGI UMUM
CTR adalah arcade game balap serba cepat yang membutuhkan keterampilan untuk mengalahkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk membantu Anda menang dalam setiap lagu:

POWERSLIDING:
Untuk membuat mereka ketat berubah, tekan dan tahan tombol melompat (R1), sementara berputar. Untuk membuat tikungan benar-benar ketat, gunakan tombol rem (persegi) hubungannya dengan kiri dan kanan pada D-pad. Tombol rem dapat digunakan untuk berbelok tajam di udara, yang harus diperhatikan karena dapat berguna kadang-kadang.

TURBO BOOST:
Untuk mendapatkan ledakan singkat kecepatan di trek, melompat dari puncak gundukan, landai, dan condong. Semakin lama Anda berada di udara, semakin besar dorongan Anda akan ketika Anda tanah. Ada ratusan hal yang melompat dari, jadi jangan takut untuk menggunakan L1 atau R1 tombol terus-menerus. Jika Anda tahan tombol melompat sambil powersliding, Anda dapat mencetak turbo tiga meningkatkan. Untuk melakukan hal ini, tahan tombol dan melihat meteran turbo di bagian bawah kanan layar. Ketika meter menyala merah, tekan tombol L1 sementara memegang R1 dan Anda akan mendengar pop yang berarti Anda mencetak dorongan tersebut. Lakukan ini dua kali lebih berturut-turut dan dorongan ketiga akan benar-benar dijus. Menjadi hati-hati: jika Anda tidak waktu itu benar, kart Anda akan menjadi bumerang dan Anda akan berputar di awan asap hitam.

SENJATA:
Pelajari untuk menggunakan senjata Anda secara efektif. Ketika Anda berada dalam memimpin, peti akan biasanya menghasilkan penurunan senjata seperti Brio gelas N. atau TNT peti. Jatuhkan ini di tempat para korban Anda kemungkinan besar akan memukul mereka, seperti ke pad kecepatan atau di tepi melompat dan kesenjangan. Cobalah untuk tidak meletakkan mereka turun ketika Anda lawan secara langsung behing Anda, sebuah peti Nitro akan mengambil siapa pun dalam kedekatan kaki. The best power-up adalah topeng AKU-AKU yang membuat Anda sementara tak terkalahkan, dan Turbo Boost yang dapat digunakan untuk membantu Anda membuat orang-orang besar melompat.
Mengumpulkan 10 Wampa buah akan jus up power-up. Yang terbaik dijus power-up termasuk Shield Daya yang akan melindungi Anda sampai Anda menekan (Atau Anda dapat api itu sebagai rudal), dan Orb Warp, yang mengambil keluar setiap pembalap yang di depan Anda. Sangat berguna ketika Anda tertinggal.
Ingat: jika Anda berjalan ke dalam sebuah peti TNT, terus melompat untuk melepaskannya Anda
kepala.

TIPS DAN JALAN  PINTAS
Banyak cara pintas ini berguna untuk mengetahui tidak hanya untuk mendapatkan 1 tempat, tetapi beberapa juga tempat-tempat tersembunyi di mana sebagian RKPT token dan Waktu krat (dalam Relic Races) ditemukan.

CRASH COVE
Ini adalah yang paling mudah dari semua kursus di RKT. Gunakan jalan kayu di mulai untuk keuntungan Anda, serta kapal bajak laut mendekati akhir. Mendapatkan banyak udara adalah rahasia untuk mendapatkan meningkatkan kecepatan.
Shortcut: Ketika Anda sampai ke genangan air di dekat awal tahap, berkendara langsung ke dalamnya dan mengubah sedikit ke kiri menuju punggungan berumput. Bila Anda sampai ke tepi genangan air, Anda harus memukul benjolan dan saat itulah Anda harus menekan R1 atau L1 untuk melompat. Jika Anda waktunya tepat, Anda akan melompat ke ridge dan pukulan oleh semua orang setelah Anda melompat ke jembatan panjang di sisi lain (tidak kepala hak untuk kapal bajak laut, melainkan buntu).

TABUNG ROO'S

Menjelang akhir lagu ada semacam terowongan yang terbuat dari tulang di tanah yang
jalan. Ada benjolan sebelum terowongan, sehingga melompat dan mendarat ke kiri
dari tulang dan terus melompat-lompat di tanah (a la Mario Kart) untuk maju.

Gua MYSTERY

Melihat ke depan untuk melihat mana catapault akan aktif sebelum Anda mencapai set; jangan tekan tombol melompat ke catapault, hanya berkendara ke mereka dan Anda akan mendapatkan dorongan kecepatan. Ketika Anda mencapai bola lava memuntahkan, mengambil sisi trek di mana bola lava baru saja turun. Tepat setelah set pertama catapaults, Anda harus melompat tajam ke kiri untuk sampai ke trek berpasir rahasia. Jauhkan melompat seperti pada shortcut di Roo Tabung, dan akhirnya Anda akan keluar sisi lain. Aku tidak benar-benar merekomendasikan mengambil jalan pintas ini, tetapi jika Anda memiliki kecepatan power-up pergi ke depan dan mencobanya.

COCO PARK

Ini adalah trek yang cukup sederhana. Dengan jalur ekstra-lebar, tinggal di sudut dan penggunaan powerslides. Watch out untuk bantalan kecepatan, juga, mereka mudah untuk lewatkan.

TIGER TEMPLE
Ketika Anda keluar dari terowongan pertama dengan patung menyala, kepala menurun dan
Anda akan melihat dinding batu di sebelah kiri yang abu-abu kebiruan dan memiliki wajah di atasnya.
Menggunakan berikut power-up akan memungkinkan Anda untuk membuka pintu:
- Aku-Aku/Uka Uka mask: drive dengan melalui pintu
- Bowling Bom: menembak itu di pintu
- N. Brio gelas: menembak langsung di pintu dengan menekan Up + Lingkaran
- Power Perisai: menembak atau jalankan ke pintu dengan itu
Setelah membuka pintu, Anda akan naik terowongan dan melompat langkan dengan memimpin besar.

Sewer SPEEDWAY

Yang satu ini benar-benar sulit, tetapi Anda akan perlu untuk mendapatkan jalan pintas ini untuk mendapatkan semua waktu peti di Races Relic. Dalam terowongan sebelum pertama bergulir barel, ada tinggi langkan di dinding kanan. Sulit untuk melihat, jadi Anda harus berlatih lagu ini beberapa kali sebelum mendapatkan itu. Mempercepat depan dan membuat belokan tajam diserahkan transisi. Sekarang berpura-pura kau sebuah skateboader, melompat dari atas pipa dan rem berbelok tajam 180 derajat. Ketika Anda mendarat, Anda harus mendapatkan dorongan turbo dan akan menghadapi langkan. Jika Anda cukup cepat, Anda dapat berkendara quarterpipe dan melompat atas untuk membuat itu ke langkan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kecepatan power-up untuk sampai ke langkan dalam satu tembakan. Sejak saat itu, Anda akan menjelajah bersama sebuah terowongan di lantai dan jembatan, memukul bantalan kecepatan sampai Anda keluar dari birai ke terowongan utama.

PAPU'S PYRAMID

Pintasan: Menjelang akhir jalur berkelok-kelok dengan tanaman pemakan manusia, ada pilar kecil di sisi kiri trek. Anda akan membutuhkan dorongan untuk mendapatkan , jadi dilengkapi dengan baik sebagai Aku Aku masker atau Turbo Boost. Menyalakan api kekuatan-up dan melompat dari tepi lintasan untuk memukul tengah pilar dan segera melompat ke sisi lain. Pintas lain adalah tepat setelah pilar di mana ada celah yang mengarah ke langkan sempit di sebelah kiri. Dengan mengambil rute ini, Anda akan memiliki terdahulu jalan yang lurus menuruni tangga besar dengan tanaman karnivora.

DINGO CANYON

Satu-satunya hal yang mungkin memberi Anda kesulitan dalam kursus ini adalah biru hal tumbleweed yang pergi bolak-balik melintasi trek. Mereka seperti segel di Polar Pass, jadi hanya menghindari mereka dan segala sesuatu yang lain cukup mudah. Ketika Anda sampai ke bagian air dalam kursus tersebut, meskipun, cobalah untuk melompat di suatu tempat sebelum strip sempit tanah, kadang-kadang Anda akan mendapatkan catapaulted dan dihargai dengan meningkatkan kecepatan.

BLIZZARD BLUFF

Danau-danau licin tidak ada masalah dalam kursus ini. Terus melompat dan powersliding sekitar sudut. Setelah bergulir rock, pastikan Anda memiliki Aku Aku masker atau Turbo Boost power-up dilengkapi, jika tidak, anda tidak akan dapat membuat lompat. Mendorong seberang danau beku pertama dan berbelok ke kiri di atas es. Akan ada bersalju ramp yang mengarah ke kesenjangan yang besar atas sungai. Dengan sekarang Anda harus memiliki diaktifkan kecepatan power-up. Langsung di atas jalan dan dengan keberuntungan Anda akan membuatnya ke sisi lain menjelang jembatan tertutup dengan besar memimpin di depan lawan Anda.

HAK CIPTA INFO

CTR: Crash Team Racing Game adalah Hak Cipta 1999 Sony Computer Entertainment Amerika, Karakter dan CTR: Crash Team Racing Copyright 1999 Universal Interactive Studios, Dikembangkan oleh Naughty Dog, Inc Berlisensi oleh Universal Studios Perizinan, Inc All rights reserved. Dokumen ini adalah Hak Cipta 2000 Andrew Afan, setiap reproduksi isinya akan menghasilkan rasa bersalah parah dan ketidaksenangan. Plagiarisme tidak akan ditoleransi, seperti yang dinyatakan dalam guidlines GameFAQs.



SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar