Senin, 07 November 2016

PENDAKIAN MT. MERBABU VIA SELO - BOYOLALI

PENDAKIAN MT. MERBABU 3.142 MDPL VIA SELO - BOYOLALI

Assalamualaikum  WR.WB para Sahabat pendaki.
Untuk pertama kalinya saya akan menulis tentang perjalana saya ke Gunung Merbabu. Merbabu sendiri terletak di 3 kabupaten, yaitu Boyolali, kota saya sendiri, Salatiga dan Magelang. Saya melakuakn pendakian bukan dari Boyolali, tetapi dari jakartaa, tempat saya tinggal sekarang, hahaha.
                Pendakian kali ini saya lakukan dengan teman2 kampus saya, Aryo,Hermanto,Yudi,yoga, dwipa, Fadil, dan saya sendiridika.  Kami bertujuh memilih tanggal 18 sebagai hari keberangkatan, sengaja gak ngambil pas 17an, soalnya males kalo di sananya rame, hehehehe.
Kereta Bengawansolo

Kamis 18 agustus 2016

Saya memulai dari rumah saya yang berada di jakarta, menuju ke stasiun pasar senen. Saya berangkat jam 8 pagi, karena kereta saya berangkat jam set12. Seperti biasa, hari kerja jam kerja. KRL dari arah bekasi menuju jatinegara dipebuhi dengan para karyawan, cuman saya sendiri yang bukan karyawan. Hahahaha. Agak malu juga sih, bawa carrier sendirian di KRL, tiba di st.jatinegara jam 10 pagi menunggu teman2. Sewaktu di st. Jatinegara banyak sekali pendaki yang baru turun, terlihat dari pakian mereka yang kotor dan carrier yang gak berbentuk, hehehehehe maaf yaaak..
Pukul 10.30 teman2 samapi di st jatinegara. Gak perlu nunggu lama, gua langsu naik KRL ke St. Senen, eeh pas mau naek ketemu sama pendaki juga, hahahaha, pas gua tanya mau kmana, tujuanya gak jauh beda, MERAPI. Beda sih cuman gak jauh kok dari Merbabu, lha wong cuman beda beberapa km aja basecampnya. Setibanya di senen, gua langsung cari yoga yg udah nunggu di St,senen, soalnya yang bawa tiket dia, berabe kalo gak di cari..
Pukul 11.00 setelah dari toliet dan Pasukan HAMPIR HIPO lengkap, cieeeeeee. Nama Kelompok gua tuh, ahahahahahahaha tanpa cangcingcong, gua sama yang laen langsung masuk ke KERETA BENGAWAN Solo. Hahahahaha
Singkat cerita, jam 20.45 saya tiba di St. Purwosari. Bagi para pendaki yang laen yg ingi ke base camp selo, saya saranin turun di St. Purwosari aja, lebih deket. Karena gua asli Boyolali dan udah malem juga, gua dan temen2 memutuskan untuk menginap dirumah gua semalem. bagi sahabt pendaki yang pengen langsung menuju Base camp Selo, bisa naik taksi, atau sateran mobil, bisa juga telepon orang Selo buat jemput ke St. Purwosari, saya punya kenalan. Namanya pak nardi, dia bukan orang base camp, cuman warga biasa, cuman dia punya mobil bak sama mini elep buat antar jemput pendaki. No pak nardi 085728508235, menurut saya sih gak mahal kok, standar harganya. Saya sendiri juga pakai jasa pak nardi, hahaahahahahhaa. Soalnya waktu itu jembatan menuju base camp sedang dalam perbaika, jadi gak ada Bus atau angkot yang ke selo. Kepaksa dah pakai jasa pak nardi, walau kepaksa. Menurut saya, lebih nyaman juga kok. Dengan harga yang di pasang pak nardi, dan biaya naik angkot ke base camp, hampir sama.
Tapi bagi sahabat2 pendaki yang pengen naik angkot,
dari St. Purwosari bisa cari Bus yang menuju ke Terminal Boyolali,
terus Dari terminal Boyolali bisa naik Bus Kecil menuju Pasar selo,
dari pasar selo menuju base camp, bisa naik ojek, atau mobil bak.
Catatan. Biaya penumpang biasa sama pendaki beda yaa. Kan bawa carrier. Terus juga orang jauh. Pasti agak dimahalin dikit lah, apalagi kalo keneknya tau temen2 dari JKT, bisa di getok harganya kalo gak bisa nawar, hehehehehehehe

Lanjut kuy. Jam 21.15 sampai dirumah saya yg ada di boyolali. Setelah sampai, gua sama temen2 langsung mandi, dan istirahat.

Jumat 19 agustus 2016.

Setelah sholat Jumat, gua dan temen2 gua langsung packing. Dan jam 15.00 langsung menuju ke Base camp Selo dengan naik Mobil pak nardi.
Waktu di jalan saya ngobrol2 sama pak nardi tuh, orangya baik, pas saya nanya di base camp boleh numpang nginep sama mandi apa gak, ehh beliau malaah nawarin tidur dirumahnya. Mandi, minum gratisssssss cuy. Kalo mana banyar, hahahahahahahahahahahaahahha
Jam 17.00 saya sampai di rumah pak nardi, ternyata rumahnya udah kaya base camp cuyy,, emang sengaja beliau ngasih tempat buat para pendaki yang mau tinggal. Pas sampai dirumah pak nardi, ada 2 kelompok yang baru aja turun dari puncak, dan pas saya tanya, ternyata dari Jakarta juga . hehehehehehehehehehehe
Rumah Pak Nardi

Jam 20.00 Wib, setelah makan malam dengan Nasi Goreng, regane 10rb, pake ati maseeeeeeeee, uenaaaaaak. Ahahahahahaha, gua sama temen2 gua istirahat. Ehh pas mau tidur mahal keberisikan sama prndaki asal tegal yang baru dateng, hemmmmmpp. Bikin gak kane aja masssss.
Sabtu 20 agustus 2016
Jam 05.00 pagi tuh, gua bangun. Sholat. Cuci muka, gak usah mandi maseeee. Airnya dingin, sedingin gebetan gua. Hahahahahaha, sorry curhat dikit. Setelah cuci muka, gua bikin teh sama sarapan pake nasi goreng sisa tadi malam hahahahahah + gua sama temen2 mesen nasi dari pak nardi. Gak pake lauk, soalnya udh punya orek tempe yang di bawa yudi sama Yoga hahahahahahaha. Dan jeng jeng jeng.
Jam 7 pagi setelah semua siap. Gua menuju Base camp.
Setelah mengurus simaksi yang berharga 15 ribu per anak, hahahaha gua langsung melakukan pendakian.
Nah, buat sahabat2 pendaki semua, yang belom tau, sebenernya di Jalur selo sendiri memiliki 2 jalur, yaitu jalur Selo lama, sama jalur gancik, jalur baru. Jadi harus tau yaa para sahabat dan di inget2 mau naik lewat jalur selo yang mana.
Jam 07.32 gua sama temen2 memulai pendakian, eiiiiit hampir lupa. Berdoa dulu yaaa maseee. Jangan lupa berdoa yaa, sama foto2 dulu pake kamera si aryo di Gerbang pendakia, biar bisa jadi bukti ke simbok nanti, hahahahaha. setelah melakukan doa , gua sama temen2 langsung cusssssss.
Gerbang Pendakian MT.Merbabu Via Selo-Boyolali

Dari base camp menuju Pos 1 jalurnya paling panjang,  trek sendiri masih agak landai, baru jalan sekitar 30 menit, si aryo malah kebelet eeek maseee, gara2 kebanyak nasi goreng keknya hahahahahaha
Untung jalurnya masih berupa hutan, jadi masih kane kalo buat eeek. Setelah selesai buang hajat tuh si aryo, gua sama temen2 langsung menuju pos 1 ..
Perjalan ke pos 1 paling negbosenin nih, walau terknya belom nanjak bgt, karna efek kekenyangan bikin stamina gua sama temen2 jadi gimana gitu,.. lha dimana coba hahahahahaha
Jam 9.10  gua sama temen2 baru sampe pos 1 banyangan cuy, hahahahah panjang nih terknya. Di pso 1 banyangan, cuman berupa tempat rest doang, gak bisa diriin tenda, soalnya tanahnya sendiri miring. Setelah istirhat sebentar, kita lanjut menuju ke pos 1.

Puku 9.16 kita tiba di Pos 1.

Haaaaaah . capek maseeee, bentar yaaaaak.
Di pos 1 sendiri lahanya cukup luas, bisalah buat 10 tenda, lebih kayaknya.
Di pos 1 , kita harus hati2 yaa para sahabat. Soalnya banyak monyet2 yang pada nyari makan. Kalo gak hati2, barang2 kita bisa di tikung sama si monyet. Hahahahaha
Pas di pos 1 gua ketemu tuh sama Cewek sama gait, cantik cuiii. Dari bali, sendirian ke jawa tengah buat naik ke Merbabu. Keren dah.. 3 jempol buat tuh ceweek. Setelah istiraahat gak lama.
Pukul 9.30 kita lanjut , dari pos ke pos 2 banyangan, jalanya udh Mulai nanjak. Gak perlu waktu lama, cuman 15 menit kami sampai di pos 2 banyangan. Pos Simpang macan namanya.
Disini lahanya cuman buat rest yaaaa, cuman tikungan doang, jadi gak bisa diriin tenda.

Pos 1 Dok Malang

Pukul 10.50, gua sama temen2 lanjut di pos 2

Trek dari Pos 2 banyak ke pos 2, udh mulai nanjak nih maseeeee. Jalur dari pos 2 banyangan masih berupa hutan, jalurnya pun juga sempit, mana samping kanan jurang. Hehehehehehe serem.... perjalanan menuju pos 2,gua sama yang laen udah mulai kepisah cuy  hehehehehe. Padil sama si yoga duluan, gua sama si herman di tengah, terus aryo,yudi, sama dwipa di belakang. Udh kebiasaan sih kalo gua sama temen2 naik pada misah, Hehehehehhee

Jam 10.48, gua sampai di pos 2.

Berbebeda dari pos 1, di pos 2 ini, lahanya kebuka semua, cuman ada semak2 kecil saja, tapi lahan yang ada di pos 2 ini lebih luas dari pada pos 1 tadi.
Nah di pos 2 ini ada sedikit cerita lucu, hahahahahaha. Gua sama temen2 sama pendaki dari kediri, sebut saja namanya mas Gondrong, wkwkwkwkw. Bukanya bermaksud menyamarkan namanya, dasarnya aja gak tau namanya, jadi gua panggil mas gondrong.
Jadi cerita begini, si mas gondrong ini lagi nyari tendanya, wkwkwkwkw. Dia lupa ngecamp dimana, seinget dia, dia camp di bawah pos 3. Dia udah nyari tendanya dari pos 3 sampe pos 2, tenyata tendanya gak ada masee. Wkwkwkwkw, kasian gua, mana dia sendirian lagi, temenya mas gondrong nyuruh dia buat duluan, soalnya temenya mas gondrong udah capek, jadi nunggu di pos 3. Karna gua kasian ama si mas gondrong ini, kita sedikit kasih minum sama kasih cemilan, baru ngobrol2 sekitar 3 menit, gua ke inget kalo di selo ada 2 jalur, 1 jalur selo lama, sama jalur selo gancik, jalur baru. Nah, pas gua tanya ke mas gondrong, eh dia jua lupa, naik dari mana, wkwkwkwkwkw mas massssss, lhaa naek kok lupaaan...
Setelah gua kasih tau soal jalur gancik tadi, si mas gondrong ini balik naik lagi ke pos 3, buat turun lewat gancik. Nah, kayaknya emang bener dia salah ambil jalur, harusnya lewat gancik, buka selo lama.
Setelah ada insiden agak lucu serta mengheran herankan, hahahahahaha. Gua sama anak2 sedikit istirahat lagi, biasa, PENDAKI SANTAI MASEEEEEEE, SETAPAK DEMI SETAPAK , LAMA LAMA SAMPAI PUNCAK. Hahahahaahahha. Setelah istirahat sekitar 30 menit kurang.
POS 2

Jam 11.15 gua sama temen2 lanjut menuju ke pos 3.

Dari pos 2 sendiri, kita sudah bisa melihat pos 3 kok, jaraknya juga tidak terlalu lama, trek menuju pos 3 udah kebuka, udah bukan hutan lagi, sebelah kanan kiri jalur sudah mulai semak2, jalanya pus ketutupan sama ranting2 yang jatuh. Jadi yaaaa, perjalanan ke pos 2 udah mulai pasan bung, hahahahahahahahahaa..
Perjalanan ke pos 3, ada beberapa rest yang bisa kita gunakan untuk membangun tenda, yaa sekitar 3 atau 4 tenda juga bisa dibangun, restnya juga ada 2 atau 3 kok.
Gak perlu waktu lama menuju pos 3.

Jam 12.05 gua sama temen2 sudah samapi di pos 3, nama pos 3 ini pos batu tulis.

Naah di pos 3 inilah, terdapat percabangan jalur, antara selo lama, sama jalur gancik. Jadi buat sahabat2 pendaki supaya hati2 yaaa kalo pas turun, jangan salah kaya mas gondrong tadi, wkwkwkwkwwkwkkw. Maaaf yoo mas.
Di pos 3 ini lahanya sangat luas, disini kita bisa membuat tenda sekitar 30an, gede pokoknya. Hahahahahahaha
Di pos 3 ini, udah banyak bgt orang2 yang diriin tenda, atau camp di pos 3 ini. Tapi di pos 3 ini harus haati2 buat bikin tenda, soalnya lahanya kebuka bgt, jadi kita harus pinter2 milih tempat, biar gak kena angin sama petir kalo pas ujaan.
Karena waktu udah jam 12. Dan perut udh dangdutan.. gua sama temen2 mutusuin buat makan siang, gua gaak masak sih, jadi pada makan bekel nasi dari rumahnya pak nardi tadi, heheheheheheheehhe. Nah setelah makan, sama istirahat sebentar, buat nurunin nasi.

POS 3 BATU TULIS

Jam 13.30 gua sama temen2 lanjut ke pos 4, atau sabana 1.

Jalur menuju sabana 1,menurut gua adalah trek yang paling berat, soalnya jalurnya udah nanjak bgt, dan tanahnyapun bercampur pasir , jadi bikin licin sepatu. Hahahahahahahaha
Perjalanan menuju sabana 1 gua jalananin dengan penuh kelemasan, hahahahaah. Gara2 treknya yang bikin males, sama ada kabut, jadi tambah males. Wkwkwkwkwkw
Tapi pas sampai di pertengahan jalan menuju sabana 1, kita akan di suguhin pemandangan dari tetangga sebelah. Siapa lagi kalau Bukan MERAPI, wisssssssssss. Gunung paling aktif, seeeeee jawa, indo, dan kayake se dunia yaak, ahahahahahaha.
Kalau tidak ada kabut, kita bisa melihat merapi dari trek menuju sabana 1. Betapa megahnya merapi, betapa kekarnya merapi. MERAPI ORAK PERNAH NGAPUSI. Hiiihihihihihihihih.
Karna capek juga, gak ada salahnya dong gua foto2 dengan backgroun merapai, jadi gua, aryo, yudi, herma ,dwipa mutusin buat foto2 dulu di tengah jalan. Setelah foto2 yang lumanyan baagus, gua sama 3 yang laen lanjut perjalaanan ke sabanan 1.

Jam 14.47 akhirnya gua tiba di sabana 1.

Sabana 1 sendiri merupakan lahan besar buat para pendaki untuk melakukan camp. Kalau kata gua sih, pos paling gede yaa sabana 1. Di sabana 1, gua sama yang laen pada rest, seperti biasa. Bnayak tenda2 juga yang udah berdiri disini. Dari sabana 1. Kita juga udh bisa melihat puncak Merbabu. Gak perlu waktu lama buat rest di sabana 1.
SABANA 1

Jam 3.30 gua sama temen2 jalan menuju sabana 2.

Trek menuju sabana 2 lumanyan, bisa di bilang berat kalau kita udah capek, bisa di bilang enteng kalau kita gak capek... tapi di atas sana. Kita gak boleh negluh yaaaa kawan. Pamali, hihihihihihihihihihihi
Nah, trek menuju sabana 2, masih berupa tanah, ada rumput dikit sih, jalurnya pun lebar. Kita juga bisa melihat gagahnya merapi lagi. Hihihihihihih
Ada cerita sedikit di trek menuju sabana 2 ini, pas gua, yudi sama herman lagi break, gua di salip sama 3 pemuda, nah pas dia negur gua, gua ga sengaja liat gantungan kunci M, di tasnya, paas gua bilang, SOLIDARITI MESIN, eh dia nyaut, hahahahaha ternyata anak mesin, pas gua tanya kuliah dimana,, eeeh gak di saknka2, ternyata anak Gundar juga, wkwkwkwkwwkwkw
Tapi beda kampus, guda gundar kalimalang, kalo dia gundar depok. Hehehehehehe
Naah setelah ngobrol bentar, gua lanjut jalan lagi, dan gak perlu waktu lama,

Jam 4.00 gua tiba di sabana 2, tempat camp gua.

Disabana 2 ini, posnya gak segede sabana 1, tapi kalau kata gua, pos yang paling nyaman buat diriin tenda. Malah dari pos 3, dan sabana 1, di sabana 2 inilah paling banyak pendaki membangun tenda mereka. di sabana 2 kita juga bisa liat puncak Mebbau. Setelah istirahat, sekita jam 16.30 gua sama temen2 bangun tenda. Selesai bangun tenda, kitapun masak untuk makan malam.
Setelah makan malam, kita mulai istirahan untuk Summit Atack besok. Singkat cerita.
SABANA 2

Jam 2.00

Gua bangun pertama kali, soalnya gua tidur paling awal, setelah banguin yang laen dan ngeteh sama nyusu bentaran, dan packing untuk summit attack.

Jam 3.31

Gua sama semua anggota berangkat untuk summit attack dari sabana 1. Jalur menuju puncak, sama seperti jalur dari sabana 1 ke sabana 2, dengan tanjakan yang sama pula. Hahahah

Jam 03.50

Gua sampai di pos watu lumpang, pos ini sebenenrnya cuman lahan datar kecil doang, diatas sabana 2, bukan tempat yang cocok untuk membuat tenda, karena tidak ada pohon sama sekali. Setelah istirahat sebentar di pos watu lumpang, kita lanjut perjalanan ke puncak.

Jam 04.48 samapi di Puncak Trianggulasi.

Puncak trianggulasi ini sebenrnya cuman berada bebebrapa meter dari puncak kenteng songo, karena gelap, jadi kita tidak tau jalan ke kenteng songo, dari Puncak Trianggulasi ke puncak kenteng songo cuman 3 menit saja.

Setelah berfoto2 ria di trianggulasi dan menikmati sunrise, gua sama yang laen menuju ke Puncak kenteng songo.

Puncak kenteng Songo 3142Mdpl

SUMMIT ATTACK dengan daypack
SABANA 2 03.30 – 03.50 WATU LUMPANG
WATU LUMPANG 03.55 – 04.48 PUNCAK TRIANGGULASI
PUNCAK TRIANGGULASI – PUNCAK KENTENG SONGO 3 MENIT.

Estimasi diatas bukanlah patokan pasti, karena kemampuan setiap pendaki berbeda beda, dan waktu tempuh gua ini lumanya lama, karena emang gua sama temen2 kalo naik emang selalu nyantai jalannya.
Untuk estimasi waktu turun, biasanya sepertiga dari waktu naik. Dan tetapi tergantung setiap individu2 itu sendiri.

ESTIMASI BIAYA PER AGUSTUS 2016.
JAKARTA – SOLO 74.000 KERETA BENGAWAN
SOLO – TERMINAL BOYOLALI 10.000 / 15.000 BUS
TERMINAL BOYOLALI – PASAR SELO 10.000 / 15.000 BUS KECIL
PASAR SELO – BASECAMP 15.000 OJEK. Bisa juga dengan pic up dengan biaya 10.000 minimal 10 orang.

Untuk yang tidak mau ribet bisa telepon pak Nardi. 085728508235
Kemarin dari ST. PURWOSARI – BASECAMP pak nardi memasang tarif 300ribu untuk 7 orang.