Kamis, 16 Januari 2014

TUGAS RIVIEW WEBSITE ELEARNING

Dalam rangka untuk melengkapi tugas dari dosen, yang perintahnya adalah untuk meriview sebuah situs pembelajaran, sebelum saya meriview web site tersebut saya akan menerangkan apa yang di maksud erlening itu. E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone. E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan  hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda.  

Saya akan merifiew sebua situs belajara dari KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL, situs ini sangat bagus bagi pembelajaran, karena dalam situs tersebut kita bisa mengetaui kurikulum yang dipakai, dan dengan situs tersebut kita bisa menlihat lihat buku yang kita pelajari dari TK sampai SMA,  situ ingi sangat ringkas dan jelas, menggunakan bahasa indonesia, dan bisa dipahami oleh kita semua,.
            Dari situs ini kita bisa melakukan pendaftaran untuk menjadi member, dan bisa log-in dengan mudah, situs ini sedikit menggunakan iklan sehingga kita dapat leluasa mencari informasi dari situs ini, dari semua buku yang kita inginkan, bisa kita cari dari dalam buku ini, jika buku tersebut tidsk ada, mungkin bukan menjadi kurikulum yang dipakai KEMDIKNAS, dan bukan haya bisa mencari, kita bisa mendownload buku-buku tersebut, tanpa harus membanyar,.
            Dalam situs tersebut dicantumkan juga nomor telefon dari KEMDIKNAS, sehingga kalau situs bermasalah kita bisa melaporkan hal tersebut kepada yang bersangkutan, dan juga jika kita membutuhkan bantukan kita bisa memnelepon nomor tersebut, situs ini sangat menjajikan, karena selalu mengupdate data data atau berita tentang  pendidikan yang ada di indonesia.
            Dalam blog tersebut kita bisa member saran terhadap kekurangan, serta dapat member komentar komentar, dengan sarana yang dapat mendukun, kita tidak perlu lagi membeli buku, kita bisa mengambil, atau mempelajari materi materi dengan cara mendownload buku tersebut, tidak diragukan lagi, bahwa buku yang ada di dalam web ini sangat banyak, karena semua mata pelajaran utama, dari SD,SMP,SNA,SMK lengkap. Ada juga software yang mendukun web ini berupa winnrar dan ACROBATREADER.
            Tetapi ada satu yang membuat kita menjadi masalah, adalah ketika kita ingin mendownload buku tersebut, kita harus menjadi member terlebih dahulu, atau dengan kata lain kita harus log-n terlebih dahulu, ini akan membuat kita yang bukan member atau peserta dalam situs tersebut akan kesusahan saat akan mendownload buku.
            Keuntungan menggunalan e-learning adalah 
Keuntungan menggunalan e-learning adalah 
1.       menghemat waktu proses belajar mengajar,
2.       mengurangi biaya perjalanan,
3.       menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku),
4.       menjangkau wilayah geografis yang lebih luas,

5.       melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar